Struktur Kepengurusan BEMFT 2017
Narahubung Advokasi
Hati-hati terhadap info tidak valid!
Informasi Beasiswa
Selamat Datang Mahasiswa Baru FT UNJ 2017

SELAMAT HARI IBU



[ Sejarah Singkat ]


Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise pernah menyatakan peringatan Hari Ibu di Indonesia dilakukan untuk mengenang perjuangan kaum perempuan.

Hari Ibu di Indonesia dilandasi oleh tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tenteram, damai, adil, dan makmur.

Hari Ibu dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928, di Yogyakarta, tepatnya di pendopo Dalem Jayadipuran milik Raden Tumenggung Joyodipoero.


Kongres ini dihadiri oleh wakil-wakil dari perkumpulannya Boedi Oetomo, PNI, Pemuda Indonesia, PSI, Walfadjri, Jong Java, Jong Madoera, Muhammadiyah, dan Jong Islamieten Bond. Tokoh-tokoh populer yang datang antara lain Mr. Singgih dan Dr. Soepomo dari Boedi Oetomo, Mr. Soejoedi (PNI), Soekiman Wirjosandjojo (Sarekat Islam), A.D. Haani (Walfadjri).


Sekitar 600 perempuan dari berbagai latar pendidikan dan usia hadir dalam kongres Perempuan Indonesia Pertama ini. Organisasi-organisasi yang terlibat dalam penyelenggaraan itu antara lain: Wanita Utomo, Putri Indonesia, Wanita Katolik, Aisyah, Wanita Mulyo, perempuan-perempuan Sarekat Islam, Darmo Laksmi, perempuan-perempuan Jong Java, Jong Islamten Bond, dan Wanita Taman Siswa, demikian yang dicatat Susan Blackburn dalam Kongres Perempuan Pertama: Tinjauan Ulang (2007).

Maka, pada 22 Desember 1953, dalam peringatan kongres ke-25, melalui Dekrit Presiden RI No.316 Tahun 1953, Presiden Sukarno menetapkan setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai: Hari Ibu.

Sumber : tirto.id
Sejarah Hari Ibu 22 Desember berawal dari Yogyakarta

#KominfoSeru
#SejarahSingkatHariIbu
#MelayaniDenganHati
#BEMFTUNJ2017

.
================
.

πŸ“§ Humasbemftunj@gmail.com
🐀 https://twitter.com/BEMFTUNJ
πŸ“· https://www.instagram.com/bemftunj/
🎬 youtube.com/bemftunj
🌍 www.bemftunj.or.id
✅ http://line.me/ti/p/%40kkc7332f
πŸ‘€http://fb.me/bemftunj.net
.
©️ KOMINFO BEM FT UNJ 2017

Komentar